Pages

Read our artikel

news artikel Teknik Motivasi

Prosedur Teknik Menangani Keluhan Servis

Prosedur Teknik menangani "Keluhan Servis" / trouble shooting pada sepeda motor harus benar-benar dikuasai oleh seorang teknisi / mekanik.
Konsumen datang ke bengkel untuk "servis sepeda motor" tentu menginginkan hasil servis yang memuaskan. Untuk memenuhi harapan konsumen tersebut maka seorang Teknisi / Mekanik harus mampu melakukan tindakan servis dan menyelesaikan trouble shooting keluhan servis konsumen dengan baik.

Beberapa hal yang menyebabkan hasil "kualitas kerja" mekanik kurang sesuai harapan konsumen adalah :
  1. Kondisi fisik mekanik sedang badmood, kecapekan ataupun sakit
  2. Kemampuan mekanik pas-pasan dan belum berpengalaman
  3. Peralatan servis kurang mendukung / kurang lengkap
  4. Antrian sepeda motor terlalu banyak sehingga tidak sesuai dengan kuota servis mekanik
  5. Penanganan keluhan tidak tepat sasaran
Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi harapan konsumen untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik, perlu dilakukan tindakan / penanganan keluhan servis secara cepat dan tepat.

Berikut hal-hal yang mungkin berguna bagi para mekanik / pengelola bengkel untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik :
  1. Lakukan penanganan utama terhadap keluhan servis konsumen, hal ini terkait dengan kemampuan mekanik dalam melakukan ketepatan analisa dan kecepatan penanganan
  2. Bekerja sesuai standar (SOP) servis / sesuai item servis yang diberikan oleh masing-masing bengkel, lihat Point Servis Sepeda Motor yang sudah dishare dalam blog ini mungkin bisa dijadikan acuan,
  3. Gunakan peralatan servis lengkap dan memadai
  4. Tingkatkan kemampuan mekanik, ikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh LPK (lembaga training), terlebih bisa mengikuti Training yang diadakan oleh bengkel resmi
  5. Jaga kebugaran dan ciptakan kondisi kerja yang nyaman
  6. Sesuaikan antrian servis sepeda motor dengan jumlah mekanik dan waktu kerja bengkel
  7. Ciptakan interaksi hangat dengan konsumen melalui fasilitas bengkel yang bersih, nyaman dan komunikatif
  8. Dan tak kalah pentingnya adalah hasil akhir berupa unit servis tertangani dengan prima serta memuaskan,
    indikasi hasil servis berkualitas :
    keluhan servis tertangani dengan baik, kondisi motor bersih tidak belepotan oli bekas, bensin ataupun kotoran lainnya (bila diperlukan berikan layanan cuci gratis setelah selesai servis), akselerasi mantap, tarikan gas enteng, harga bersahabat

So ..., dengan penanganan keluhan servis yang tepat dan layanan prima, rejeki akan mengalir terus menerus tiada henti, konsumen-pun semakin loyal dengan bengkel kita.

Wuihh.... mantap sekali .....,

Sebagai pelengkap "Prosedur Teknik menangani Keluhan Servis", silakan klik gambar dibawah ini yang berisi skema prosedur penanganan keluhan servis "Trouble Shooting" saat melakukan servis sepeda motor, kemudian simpan di folder anda, siapa tahu berguna untuk menangani keluhan servis yang sering muncul saat melakukan servis sepeda motor,

Prosedur Teknik
Panduan "Trouble Shooting" Servis











Salam Sukses,


Posted by : mansurweb @ TM date : 4/23/2012

Berita Otomotif