Pages

Read our artikel

news artikel Teknik Motivasi

Bidang Ukur Teknik

Bidang ukur teknik pada sebuah komponen sepeda motor sangat jarang sekali mendapatkan porsi pembahasan yang memadai, hal ini tak terlepas dari basic pemahaman "komponen rusak / aus langsung ganti".

Langsung to the point saja yah ...,
Kesimpulan ini saya ambil dari pengamatan rata-rata tools "alat ukur" yang dimiliki oleh bengkel resmi / bengkel umum, yaitu berupa alat ukur metrik jangka sorong dan mikrometer. Dimana kedua alat ukur itu hampir selalu melekat dalam analisa teknik untuk menentukan kerusakan / keausan sebuah komponen.
Namun belum banyak mekanik mengetahui proses pengukuran pada bidang ukur teknik secara tepat.

Secara garis besar (hirarki pengukuran) sebuah komponen yang mengalami kerusakan / keausan adalah pada bidang yang mengalami banyak gesekan antar komponen.

Contoh menentukan keausan poros shock absorber depan adalah pada luas bidang poros shock yang bergesekan dengan seal shock, dimana jarak antara A-B adalah bidang ukur teknik yang tepat.

baca selengkapnya di : http://rahasiateknik.blogspot.com/2012/06/bidang-ukur-teknik.html


Posted by : mansurweb @ TM date : 6/06/2012

Berita Otomotif